Apa Saja Bahaya Akibat Jika Tubuh Dan Tulang Kekurangan Vitamin D

Apa Saja Bahaya Akibat Jika Tubuh Dan Tulang Kekurangan Vitamin D , E dan K

Apa Saja Bahaya Akibat Jika Tubuh Dan Tulang Kekurangan Vitamin D
Apa Saja Bahaya Akibat Jika Tubuh Dan Tulang Kekurangan Vitamin D - Salam sehat untuk kita semua untuk kesempatanj kali ini saya Rizky Prayoga akan memberikan informsi mengenai Apa Saja Bahaya Akibat Jika Tubuh Dan Tulang Kekurangan Vitamin D , E dan K. Seperti yang kita ketahui bersama bawasannya Vitamin D merupakan vitamin yang sangat penting untuk menjaga kesehatan tulang m gigi dan kulit serta membantu menjaga daya tahan tubuh agar tidak mudah sakit. Vitamin D dapat kita dapatkan dari Susus , Kalsium , ikan , telur dan sinar mata hari di pagi hari dari jam 7 sampai jam 9 pagi dan terdapat pada buwah serta sayuran.

 Berikut Ini Merupakan Bahaya jika Seseorang kekurangan vitamin D

Adapun Bahaya dan Akibat Jika Seseorang kekurangan vitamin D di Antaranya :

Apa Saja Bahaya Akibat Jika Tubuh Dan Tulang Kekurangan Vitamin D
Taukah Sahabat Bahwa Vitamin D ini merupakan salah satu vitamian yang larut dalam air yang berfungsi sebagai penjaga kesehatan tulang dan juga berperan dalam pengobatan serta pencegahan penyakit diabetes tipe 1 dan 2. Dikarenakan vitamin D ini membantu dalam proses penyerapan kalsium yang terdapat dalam makanan dan juga minuman. Anda dapat menemui sumber vitamin D terbaik dari susu, ikan, telur, keju, minyak ikan, jamur, udang, dan masih banyak lagi. Asupan makanan dan minuman yang mengandung vitamin D ini harus kita penuhi setiap harinya sesuai dengan keperluan tubuh kita. Jika tubuh kekurangan vitamin D iini, maka nantinya akan menyebabkan berbagai macam permasalahan penyakit yang munkin sebelumnya tak pernah terduga.

Berikut ini adalah bahaya yang ditimbulkan akibat kekurangan vitamin D yang wajib Anda ketahui:

1. Dapat Beresiko Terkena Penyakit Osteoporosis - Apabila tubuh kekurangan vitamin D resiko terjadinya osteoporosis akan rentan menyerang kepadatan tulangnya. Hal ini dikarenakan kurangnya kadar asupan vitamin yang dapat larut dalam lemak prohormon ini sehingga dapat menyebabkan timbulnya pengeroposan dan menurunnya kualitas tulang. Bukan hanya itu saja, seseorang yang kekurangan vitamin D ini juga berpotensi lebih tinggi mudah mengalami patah tulang. Untuk itu, cukupi asupan vitamin D tersebut agar terbebas dari permasalahan-permaslahan tersebut.

2. Kinerja jantung menurun - Selain dapat menyebabkan permasalahan-permasalahan tadi, ternyata kekurangan vitamin D juga dapat menyebabkan menurunnya kinerja atau fungsi dari jantung. Hal ini dikarenakan pada saat kekurangan vitamin D ini keadaan tubuh menjadi tidak normal lagi dan berpotensi tekanan darah menjadi tinggi hingga menurunkan fungsi jantung. Jika tidak segera ditangani, maka akan menyebabkan serangan jantung mendadak.

5. Multiple sclerosis - Multiple sclerosis merupakan salah satu jenis penyakit yang menyerang sistem saraf karena terjadinya kerusakan pada selubung myelin sel sarafnya, sehingga dapat berakibat pada terjadinya kelumpuhan. Penyakit ini sangat rentan menyerang anak-anak yang kekurangan vitamin D, yang mana sumber vitamin D tersebut bersumber dari sinar matahari pada pagi hari, buah-buahan dan sayur-sayuran. Untuk itulah, agar terhindar dari penyakit yang satu ini hendaknya cukupilah untuk mengonsumsi asupan makanan yang banyak mengandung vitamin D tersebut setiap harinya.

4. Dapat Menyebabakan Penyakit Alzheimer - Vitamin D yang memiliki nama lain Kalsiferol ini merupakan solusi yang tepat untuk menghindarkan tubuh dari terserang Alzheimer. Kekurangan vitamin D menyebabkan resiko Alzheimer meningkat. Penyakit yang membuat sel otak mengecil dan mengkerut ini mirip seperti kepikunan dan biasanya menyerang orang dengan usia 60 tahun ke atas

5. Parkinson - Kekurangan vitamin D juga dapat mengakibatkan tubuh beresiko terjangkit Parkinson. Penyakit Parkinson itu sendiri adalah penyakit gangguan motorik yang banyak dialami oleh orang tua karena pertambahan usianya. Semakin menua usia manusia, maka makin berkurang pula pembentukan vitamin D di dalam tubuhnya. Kurangnya asupan vitamin D akan semakin menambah parah kondisi tersebut dan nantinya akan berujung menyebabkan resiko Parkinson makin meningkat tinggi.
6. Rheumatoid arthritis - Penyakit yang berupa pelunakan tulang pada tubuh ini dapat menyerang akibat dampak yang timbulkan karena kekurangan vitamin D serta kalsium. Penyakit ini biasanya terjadi pada anak-anak, bayi, maupun wanita yang jarang atau bahkan tidak terkena paparan sinar matahari langsung sama sekali. Hal tersebut dikarenakan penyerapan vitamin D yang diproses di dalam tubuh melalui kulit menjadi kurang aktif melakukan tugasnya.

7. Gangguan kesehatan kesehatan tulang dan gigi - Kekurangan vitamin D juga dapat menimbulkan masalah gangguan pada kesehatan tulang dan gigi kita lho. Hal ini disebabkan karena sumber makanan yang mengandung vitamin D berfungsi menjaga dan menguatkan kondisi kesehatan tulang dan gigi. Maka dari itu, jika tubuh kita kekurangan vitamin D maka akan berpengaruh terhadap kesehatan tulang dan gigi kita. Tidak ingin kan mengalami hal tersebut, sebaiknya konsumsilah asupana makanan yang banyak mengandung vitamin D agar terhindar dari hal-hal tersebut.

8. Rentan terserang diabetes - Vitamin D mengemban tugas penting dalam membantu dan mempermudah peningkatan hormon insulin sehingga membuatnya lebih peka terhadap rangsangan glukosa yang masuk kedalam tubuh. Apabila asupan vitaminnya tercukupi, maka kadar gula dalam darah juga akan mudah terkontrol. Namun apabila terjadi kondisi sebaliknya, dimana tubuh kekurangan vitamin D, resiko tubuh rentan terserang diabetes pun juga akan semakin meningkat. Maka dari itu, konsumsilah makanan yang banyak mengandung vitamin, terutama vitamin D agar tubuh kita selalu terjaga kesehatannya.

Diatas merupakan beberapa akibat jika seseorang kekurangan vitamin D yang sering sekali diabaikan oleh masyarakat pada umumnya. Setelah mengetahui akibatnya tersebut, yuk konsumsi asupan makanan dan minuman minuman yang mengandung banyak menjgandung vitamin D sesuai dengan kebutuhan kita setiap harinya ok. Agar tubuh kesehatan tubuh kita tetap terjaga dan tidak gampang sakit.

Terus kalau kekurangan vitamin E ini, apakah juga akan mengakibatkan berbagai macam penyakit juga?

Berikut ini Akibat Jika Kita kekurangan vitamin E 

Apa Saja Bahaya Akibat Jika Tubuh Dan Tulang Kekurangan Vitamin DTaukah anda sahabat bahwa vitamin E berfungsi sebagai penghalang serta pembasmi radikal bebas yang merupakan senyawa berbahaya yang dapat merusak DNA pada tubuh dan juga kerusakan pada sel-sel tubuh. seandainya tubuh kita kekurangan vitamin D tersebut, maka tidak ada lagi yang akan menangkal radikal bebas sehingga bebas berkeliaran dalam tubuh. dan akan menyebabkan timbulnya berbagai permasalahan yang terbilang berbahaya. Maka dari itu, cukupilah asupan makanan yang mengandung banyak vitamin E ini. Biasanya vitamin E ini banyak terdapat pada jenis buah-buahan, sayuran hijau, biji-bijian, susu, dan juga telur.

Berikut ini adalah permaslahan yang ditimbulkan akibat dari kekurangan vitamin E ini:

9. Kerusakan pada sistem saraf dan otot - Kekurangan vitamin E juga dapat menyebabkan kerusakan pada sistem saraf dan otot kita. Hal ini dikarenakan rusaknya sel-sel darah merah disebabkan asupan vitamin E yang dibutuhkan oleh tubuh tidak tercukupi secara optimal.Kerusakan sistem saraf dan otot ini dapat menimbulkan terjadinya kesulitan berjalan serta berdampak pada rasa nyeri di otot dan betis.

10. Dapat Menyebabkan Kanker - Kanker adalah salah satu jenis penyakit yang sangat menakutkan, karena hampir semua yang terdiagnosa terserang kanker tingkat kesembuhannya sangatlah rendah. Maka dari itu, jika tubuh kita terus menerus mengalami kekurangan vitamin E, maka resiko terjangkit serangan kanker akan semakin meningkat dan mengancam kesehatan tubuh. Kanker ini biasa bersarang di payudara, saluran pencernaan, serta paru-paru pengidapnya. Untuk itu, konsumsilah makanan yang kaya akan vitamin E ini dengan ukuran yang cukup untuk memenuhi kebutuhan tubuh Anda.

11. Gangguan sistem penglihatan - Bukan hanya kekurangan viamin A saaj yang berpengaruh terhadap penglihatan. Ternyata kekurangan vitamin E juga dapat berdampak buruk pada terjadinya gangguan yang menyerang sistem penglihatan seseorang. Maka dari itu, cukupilah untuk mengonsusmi asupan makanan yang banyak mengandung vitamin E ini. Agar kesehatan tubuh kita tetap terjaga dan tidak mudah terserang penyakit.

12. Bisa Menyebabkan Bayi Lahir Dengan kondisi Premature -
Kekurangan asupan vitamin E selama masa kehamilan juga dapat berdampak pada kelahiran bayi secara premature. Bayi yang lahir secara premature tersebut memiliki cadangan vitamin E yang lebih sedikit, bahkan sangat sedikit jika dibandingkan dengan bayi yang lahir dengan normal. Keadaan inilah yang nantinya dapat mengakibatkan gangguan permasalahan pada penglihatan si bayi premature tersebut. jadi, saat hamil cukupilah asupan vitamin yang satu ini ya agar bayinya saat lahir nanti tidak mengalami permasalahan-permasalahan tersebut.

13.Gangguan pertumbuhan pada anak-anak -
Defisiensi vitamin E yang terjadi pada masa pertumbuhan bisa menyebabkan terjadinya gangguan pada tumbuh kembang si anak tersebut. Gangguan pertumbuhan tersebut dapat berupa penurunan refleks, kelemahan otot, terganggunya penyerapan usus, serta potensi terjadinya kelainan saraf pada anak.

14. Dapat menyebabkan Masalah pada infertilitas - Dampak dari Seseorang kekurangan vitamin E yang selanjutnya adalah terjadinya masalah yang berkaitan dengan kesuburan sistem reproduksi pria maupun wanita yang dapat berupa kemandulan atau infertilitas.

Lalu Bagaimana dengan kekurang vitamin K, permasalahan apa saja yang akan ditimbulkan?

Sama halnya dengan kekurangan vitamin D dan E, kekurangan vitamin K juga dapat mengakibatkan berbagai permasalahan kesehatan pada tubuh. Karena vitamin K ini meruapakan vitamin yang paling esensial bagi tubuh. Anda dapat menemukan vitamin K ini dalam berbagai jenis makanan seperti yang terdapat pada buah-buahan, sayur-sayuran, kacang-kacangan, minyak ikan, dan juga terdapat dalam rempah-rempah. Jika kekurangan vitamin k ini ada begitu banyak permasalahan yang kan ditimbulkan.

Berikut ini adalah bahaya yang ditimbulkan akibat kekurangan vitamin K pada  tubuh :

15. Dapat Mengakibatkan Gangguan pada janin - Gangguan pada tumbuh kembang janin di dalam kandungan dapat terjadi ketika tubuh wanita yang sedang hamil mengalami kekurangan vitamin K sehingga meningkatkan potensi pendarahan pada ibu hamil tersebut makanya ibu hamil di anjurkan banyak menjgkonsumsi makanan yang mengandung Vitamin A , B , D dan K.

16. Terganggunya proses pembekuan darah - Tubuh yang kekurangan vitamin K akan mengganggu proses pembekuan darah yang terjadi di dalamnya. Hal tersebut berdampak pada sulit sembuhnya luka yang terjadi di tubuh seseorang.

17. Dapat Mengakibatkan Penurunan kepadatan tulang - Kurangnya asupan vitamin K secara optimal bagi tubuh juga berdampak pada menurunnya kepadatan tulang seseorang. Ini dikarenakan vitamin K memegang peranan penting untuk membantu proses penyerapan kalsium di dalam tubuh. Maka dari itu cukupilah untuk mengonsumsi asupan makanan yang banyak mengadung vitamin k, agar tubuh kita tetap terjaga kesehatannya dan tidak mudah untuk terserang penyakit.

18. Hemoragik pada bayi yang baru lahir - Hemoragik merupakan suatu keadaan dimana tubuh bayi yang baru lahir terjangkit suatu penyakit yang mengganggu proses sistem pembekuan darah di organ dalamnya. Penyakit ini biasanya ditandai dengan adanya darah di dubur si bayi yang disebabkan karena kurangnya asupan vitamin K pada ibunya selama masa kehamilan.

Demikianlah beberapa informasi mengenai Apa Saja Bahaya Akibat Jika Tubuh Dan Tulang Kekurangan Vitamin D , E dan Vitamin K. Semoga informsi ini bisa bermanfaat untuk teman - teman semuanya. Dan jagan lupa perbanyak makan - makanan yang mengandung vitamin dan perbanyak minum air putih kurangi minuman bersoda dan berakohol. Dan jagan lupa komen serta baca juga artikel dan informasi lainya. 

Referensi Resmi : 

- www.ziesehat.com/2016/09/18-bahaya-akibat-kekurangan-vitamin-d-e.html



0 Response to "Apa Saja Bahaya Akibat Jika Tubuh Dan Tulang Kekurangan Vitamin D"

CLICK FOR BITCOIN FREE :