Apa Saja Penyebab Dari Susah Tidur Di Malam Hari

Apa Saja Penyebab Dari Susah Tidur Di Malam Hari

Apa Saja Penyebab Dari Susah Tidur Di Malam Hari - Taukah anda meskipun yang namanya tidur itu merupakan aktivitas yang banyak di sukai orang karna tidur juga merupakan keperluan untuk memberikan waktu untuk tubuh kita untuk beristirahat setelah seharian beraktivitan dan tidur juga merupakan pintu menuju mimpi dan tempat untuk menghilangkan stres dan mencari kenyamanan Namun taukan anda bahwa masih Banyak orang yang mengalami susah tidur atau terkena penyakit insomnia yang mana di tidak bisa merasakan nikmatnya tidur padahal tidur banyak sekali manfaatnya untuk kesehatan bahakan anjuran dokter untuk waktu tidur minimal 6 jam sehari untuk di malah hari dan 2 jam di siang hari . Nah berikut ini saya akan memberikan informasi mengenai Apa Saja Penyebab Dari Susah Tidur Di Malam Hari baik pada pria maupun wanita , anak - anak maupun orang dewasa.

Tak semua orang mengalami insomnia, banyak juga yang dapat tidur nyenyak di malam hari. Lalu Apa Saja Penyebab Dari Susah Tidur Di Malam Hari ??? Ini beberapa penyebab tidak bisa tidur di malam hari:

1. Pengaruh dari Obat-obatan - Ada sebagian obat resep yang dapat berdampak pada waktu tidur seseorang. Obat-obatan tersebut misalnya antidepressants, stimulant untuk ADHD, hormon tiroid, obat tekanan darah, dan obat kontrasepsi. Obat-obatan umum yang juga berdampak pada tidur yaitu obat pilek dan flu yang mengandung alkohol, pereda rasa sakit yang mengandung kafein, dan obat pelangsing. Jika kita merasa setelah meminum obat-obatan tersebut kita menjadi sulit tidur maka bisa mencari obat pengganti yang tidak memiliki efek samping seperti itu.

2. Bisa berupa masalah psikologi - Gangguan kecemasan dan depresi merupakan penyebab umum dari insomnia kronis. Penyebab psikologis lainnya misalnya tekanan hidup, marah, bipolar disorder, dan trauma. Tidur memang membutuhkan kesehatan mental yang baik sehingga tidurnya dapat nyenyak. Gangguan yang terjadi pada mental seseorang dapat membuat dirinya menjadi sulit untuk mengistirahatkan pikiran dan perasaan mereka.

3. Gangguan tidur - Insomnia sendiri merupakan gangguan tidur, namun ini sulit tidur bisa juga merupakan gejala dari gangguan tidur lainnya, misalnya sleep apnea, restless legs syndrome, dan circadian rhythm distrubances to jet lag. Sleep apnea merupakan gangguan tidur berupa berhenti sejenak bernapas saat tidur. Ini dapat terjadi 30 kali dan kadang diikuti dengan suara keras atau suara tersedak. Restless legs syndrome merupakan gangguan pada sistem syaraf yang menyebabkan terjadinya pergerakan pada kaki dan biasanya terjadi saat tidur. Orang dengan gangguan ini biasanya memiliki sensasi tak nyaman pada kaki dan kadang pada tangan mereka sehingga mereka tak bisa menahan diri untuk menggerakkan kaki tersebut.

4. Masalah medis - Ada banyak kondisi medis dan penyakit yang berkontribusi pada gangguan tidak bisa tidur di malam hari. Kondisi medis tersebut misalnya asma, alergi, penyakit Parkinson, sakit ginjal, kanker, dan lain-lain. Seseorang yang sedang sakit tubuhnya cenderung lemah dan seharusnya dapat tidur dengan mudah, namun rasa sakit dan rasa tidak nyaman pada tubuhnya malah bisa membuat mereka sulit tidur.
 
5. Tidur di siang hari atau istirahat terlalu sering - Penyebab tidak bisa tidur khususnya di malam hari salah satunya karena seseorang sudah terlalu banyak tidur atau istirahat pada siang harinya. Tubuh menjadi  merasa cukup beristirahat sehingga pada malam harinya akan kesulitan tidur. Tidur di siang hari memang tidak dilarang namun tidak boleh terlalu lama. Tubuh sebaiknya beraktivitas pada pagi sampai sore hari. Olahraga secara teratur juga dianjurkan untuk membuat tubuh lebih bugar dan dapat tidur dengan nyenyak di malam hari.

6. Gangguan dari luar - Gangguan dari luar seperti anak-anak yang bermain di tempat tidur dan nyamuk bisa menjadi penyebab seseorang tidak bisa tidur. Kamar tidur yang penuh dengan nyamuk berterbangan tentunya akan mengganggu waktu tidur seseorang. Saat kulit digigit nyamuk dan terasa gatal maka orang yang tidur cenderung untuk bangun. Belum lagi suara nyamuk yang cukup bising di dekat telinga. Oleh karena itu penting perlu untuk menciptakan lingkungan tempat tidur yang bebas dari nyamuk.

7. Akibat Makan terlalu malam - Makan terlalu malam juga bisa menyebabkan seseorang kesulitan untuk tidur. Sebaiknya menghindari makan terlalu malam karena selain dapat menyebabkan sulit tidur, juga tidak baik untuk berat badan. Sebaiknya makan sebelum jam 7 malam sehingga makanan dapat diproses terlebih dahulu oleh sistem pencernaan sebelum waktu tidur. Malam malam sebaiknya dilakukan dua jam sebelum tidur dan makanlah makanan yang tidak pedas serta mudah dicerna. Makan malam juga sebaiknya dengan makanan yang nyaman untuk perut dan tidak terlalu banyak. Makanan pedas bisa membuat perut menjadi sakit dan dapat mengganggu waktu tidur di malam hari. Makan terlalu banyak akan membuat perut kita menjadi penuh dan tidak nyaman. Ada baiknya makan makanan secukupnya saja di malam hari.

8.  Pengaruh dari Kehamilan - Sebagian wanita yang hamil ternyata mengalami masalah tidak bisa tidur di malam hari. Hal ini bisa diakibatkan oleh perasaan mereka sendiri atau hormon yang berubah. Wanita yang hamil perlu menjaga kondisi tubuhnya dan mentalnya dengan baik. Tidur yang cukup juga sangat diperlukan agar tubuh tetap sehat dan bugar sehingga dapat memberikan asupan yang baik bagi sang janin. Tak jarang wanita hamil harus menghadapi masalah psikologis di masa kehamilan. Pasangan seharusnya bisa menjadi teman yang dapat mendukung sehingga permasalahan psikologis tersebut dapat teratasi dengan baik.

9.  Akibat Lingkungan yang bising - Bagi sebagian orang lingkungan yang bising menjadi salah satu penyebab tidak bisa tidur. Mereka membutuhkan lingkungan yang tenang sehingga bisa tidur dengan nyenyak. Jadi penting untuk memilih ruang tidur yang tidak dekat dengan keramaian. Ini memang tak berlaku bagi semua orang karena sebagian orang bisa tidur terlelap walaupun di tengah kebisingan. Rumah yang dekat dengan pabrik atau tempat-tempat bising juga bisa menjadi penyebab penghuni rumah menjadi sulit tidur. Tak heran kemudian banyak yang berlibur ke tempat-tempat sepi agar bisa beristirahat dengan nyenyak.

10. Mengerjakan aktivitas di tempat tidur - Sebagian orang menjadikan tempat tidur sebagai tempat untuk melakukan segala sesuatu, misalnya membaca, menulis, mendengarkan musik, dan lain-lain. Hal tersebut sebaiknya dihindari karena bisa menyebabkan seseorang menjadi kesulitan untuk tidur. Jadi tempat tidur memang seharusnya digunakan untuk tidur saja. Benda-benda yang ada di tempat tidur seharusnya hanya bantal, guling, dan selimut, sehingga saat kita naik ke tempat tidur berarti kita memang bersiap untuk tidur. Saat ini sebagian orang tak bisa lepas dari telepon selulernya, mereka kadang bermain ponsel di tempat tidur. Hal tersebut juga bisa menjadi salah satu penyebab seseorang tidak bisa tidur. Hindari menempatkan ponsel di tempat tidur, taruhlah ponsel di meja saja bukan di kasur.

11. Minum kafein, bahaya alkohol, dan nikotin - Minuman berkafein akan membuat kita menjadi kesulitan untuk tidur. Minuman beralkohol sebenarnya dapat membuat kita mengantuk namun akan mengganggu kualitas tidur kita. Sedangkan nikotin merupakan sebuah stimulan. Jadi sebaiknya tidak meminum minuman yang mengandung bahan-bahan tersebut menjelang waktu tidur. Kafein misalnya, sebaiknya dihindari setidaknya 8 jam sebelum waktu tidur.

12. Faktor dari Usia lanjut - Orang dengan usia lanjut biasanya akan mengalami masalah saat tidur di malam hari. Orang dengan usia lebih dari 60 tahun cenderung banyak yang mengalami insomnia. Aktivitas orang usia lanjut yang tidak terlalu banyak juga bisa menyebabkan mereka mengalami insomnia.

13. Aktivitas di malam hari - Penyebab tidak bisa tidur salah satunya yaitu karena melakukan aktivitas di malam hari, seperti bekerja, belajar, atau berpesta. Aktivitas tersebut tentu akan membuat tubuh menjadi aktif dan tidak membuatnya ingin tidur. Sebagian orang mungkin akan merasa mengantuk dan akhirnya tertidur, namun sebagian yang lain malah tidak bisa tidur setelah banyak melakukan aktivitas di malam hari. Pekerja shift misalnya, kadang harus bekerja di malam hari dan kadang di siang hari. Hal tersebut bisa mengganggu pola tidur mereka sehingga walaupun dia bekerja di pagi hari namun malamnya tetap tidak bisa tidur.

Lalu Bagai mana Cara mengatasi Masalah Sulit Tidur dengan Mudah


Untuk mengatasi masalah tidak bisa tidur maka bisa dilihat penyebabnya terlebih dahulu. Jika sudah diketahui penyebabnya maka mengatasi penyebab tersebut yang menjadi penting untuk dilakukan. Secara umum beberapa hal yang bisa dilakukan untuk bisa tidur dengan nyenyak antara lain:
  • Cobalah untuk Membersihkan diri sebelum tidur
  • Selain tempat tidur yang harus bersih kita juga di anjurkan untuk cuci muka , kaki , tangan, gosok gigi berwudu agar badan terasa segar sdan nafaspun terasa nyaman dan bagusnya hal ini di biasakan sejak dini.
  • Gunakanlah baju yang sekiranya bisa membuat anda nyaman jagan pakai baju yang sudah anda pakai selama seharian ini karna itu bisa membuat anda tidak nyaman
  • Matikan lapu yang mana bisa membuat anda lebih tenang
  • Bisa sambil mendenganrkan musik yang bisa membuat anda merasa nyaman
  • Meminum air putih diperlukan bagi tubuh agar tubuh tetap bugar dan tidak dehidrasi. Daripada minum teh  , sirup dan kopi malah akan membuat anda susah tidur
  • Tenagkan diri dan posus untuk tidur
  • Dan jika ingin mengkonsumsi obat tidur pilihlah yang aman seperti obat tidur Sleep care info lengkap lihat beb resminya di http://efeksampingqncjellygamat.com/cara-untuk-mengatasi-sulit-tidur-secara-alami/ yang mana terbukti aman dan alami
Dan demikianlah beberapa informasi yang dapat saya ksampaikan pada teman - teman semunya mengenai Apa Saja Penyebab Dari Susah Tidur Di Malam Hari semoga bermanfaat mohon maaf jika ada kata - kata yang salah. Jangan lupa komentar dan baca juga artikel lainya karna serba serbi informsi terkini dan terpercaya memberikan informasi terbaru setiap hari seputar kesehatan bisnis dan tips serta cara dan tempat wisata terbaik.
    
Referensi : 

Pinel, John P.J., Biopsikologi. Yogyakarta : Pustaka Pelajar

Nevid, Jeffrey S,.dkk, Psikologi Abnormal Jilid 2. Jakarta: Penerbit Erlangga

> http://halosehat.com/penyakit/insomnia/penyebab-tidak-bisa-tidur

Apa Saja Penyebab Dari Susah Tidur Di Malam Hari

by. serba serbi informsi terkini

0 Response to "Apa Saja Penyebab Dari Susah Tidur Di Malam Hari"

CLICK FOR BITCOIN FREE :